Senin, 01 April 2013


X Calibour

Berawal dari empat pemuda yang mempunyai persamaan selera dalam jalur musik Hiphop, yaitu tertarik untuk menjadi Rapper (eMCee). Seperti layaknya pengusung Hiphop dalam sejarah industri musik di Indonesia yaitu Iwa Kusuma (Iwa K), mereka ingin berkarya dalam jalur musik ini. Sejak tahun 1994, mereka telah berani menunjukkan karya-karya terbaik mereka. Tidak dapat dipungkiri tentang pengadopsian musik dan kultur yang notabene berasal dari kaum kulit hitam di Amerika ini, yang pada akhirnya membuat tiap individu yang berada di dalamnya pun juga mempunyai karakter yang sangatlah berbeda-beda. Dikarenakan banyak Influence yang mereka jadikan panutan dalam pencarian karakter suara dan ciri khas di waktu sebelumnya, seperti Wu Tang Clan, Busta Rhymes, DMX, Public Enemy, The Flipmod Squad, Ice T, dan lain sebagainya. Hal tersebut menjadi pendorong, sekaligus menjadi inspirasi mereka untuk berkarya di jalur Hiphop.
Bagi mereka, Hiphop bukanlah berhenti hanya dalam batas mendengarkan musiknya saja. Tetapi mereka juga mencoba untuk selalu berdiskusi tentang Hiphop meliputi 4 unsurnya (rapping, break dancing, real deejay with turntable or vynil, tagging or graffity), dan segala sesuatu yang berada di dalamnya, seperti musik dalam Hiphop, penulisan lirik, filosofi yang terkandung, gaya hidup, gaya berpakaian, dan lain sebagainya.
Karena persamaan visi dan misi tersebut, akhirnya pada pertengahan tahun 1998, mereka mencetuskan untuk bergabung dengan nama X-Calibour, dan mengangkat bendera Hiphop diatas segalanya.

X-Calibour, sebuah nama yang diambil dari cerita legenda rakyat Inggris, yaitu nama pedang sakti yang dimiliki oleh King Arthur (Excalibour), yang digunakan sebagai senjata pamungkas untuk menyelamatkan Kerajaan Inggris dalam melawan musuh-musuh mereka.
Dari cerita legenda tersebut, maka nama X-Calibour mereka ambil, dengan filosofi “mampu mempertahankan keberadaan musik Hiphop Indonesia.”

Di tengah kekacauan, X CALIBOUR berhasil menyelesaikan dan diterima dengan baik. Kritis dan komersial, dan dipuji sebagai suatu inovatif, baik lirik dan musik.
Pada tahun 1999 X Calibour mengawali debutnya di dalam industri musik Indonesia dengan mengeluarkan single “Dobrak“ yang terdapat dalam album kompilasi PERANG RAP rilisan Pasukan Record. Single itu membawa X Calibour menjadi salah satu group Hiphop yang keberadaannya cukup diperhitungkan di Indonesia, karena sempat menduduki 10 besar peringkat tangga lagu terbaik radio-radio di Jakarta maupun di beberapa kota besar di Indonesia. Single ini juga sempat masuk dalam program acara “MTV Madness” pada tahun 2003.
Tahun 2005 X Calibour merilis album perdana mereka yang diberi tittle “Ini Baru” ( Pasukan Record & Bravo Music indonesia ). Dengan materi yang sama ditambah 2 track baru dengan single “Walk My Way” pada tahun 2006 X Calibour merilis album Repackage “Ini Lebih Baru” ( Explosive Record & Blackboard).
Kondisi x-calibour sekarang secara personal sudah berbeda totalitasnya karena kesibukan, sehingga mengharuskan X Calibour fakum untuk beberapa saat dan pada 2011, X CALIBOUR bisa kembali bernafas lagi dengan kemasan terbaru yang lebih Eksplorasi dan inovatif.

hip-hop telah berubah sangat.
"Rap telah diterima. tidak perlu pergi melawan arus apapun. Pertempuran sekarang itu di tanah tinggi. "
X CALIBOUR terus membuat musik dengan harapan pendengar memberdayakan, dan rapper lain juga mencoba mengirim pesan-pesan positif.
"Paradigma lama sudah berakhir melalui kita sekarang di masa depan, dan musik telah mengambil lompatan terhadap aplikasi multimedia. "

Ini adalah Hip Hop baru .tindakan dan gerakan ,berdoa bahwa industri akan mendukung.

Demikian saya ucapkan terima kasih yang sebesar besar kepada seluruh penikmat music di Indonesia dan pelaku seni .semoga ini bisa menambah warna dan mempunyai pesan pesan yang bisa diambil.Peace…………..!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar